I. Prinsip Usability
InteraksiManusiadanKomputeradalahsuatumasalahoptimasipenggunaansistemolehpengguna. Sistemakanbekerjadenganbaikapabiladipergunakansecaramaksimalolehpenggunasehinggasemuakemampuansistemdapattermanfaatkansecaramaksimal. DidalamPrinsip Usability terdapathal-hal yang harusdiperhatikandiantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Problem Solving.
1. Mobile Banking BRI Syariah
MobileBRISadalah GPRS danaplikasi mobile berbasis SMS untukmengaksesAndaBRISyariah IB Tabungan kapansajadan di mana saja. Aplikasi mobile inimembantuAndauntukmelakukan transfer dana, isiulangprabayar, pembayarantagihan, danpembayaransumbangan (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf, Qurban).
mobileBRISmenggunakanpesanterenkripsi GPRS danteknologibiner SMS untukmemastikankeamananpenggunadankenyamanan. Meskipunitumenggunakan SMS gateway, aplikasiiniberhasil, Andadapatmengirimpesanterenkripsidanverifikasi PIN tanpamenyimpanpadaperangkatAndamengirim item. JangankhawatirkehilangantransaksipemberitahuanpesanmobileBRIS, semuapesanAndaamandisimpandalamkotakmasukmobileBRISitu.
Untukmemulai, AndaharusmendaftarsmsBRIS (BRIS SMS Banking) pertama di BRIS ATM ataucabangBRISyariah.
JikaAndaadalahpenggunaterdaftar non-keuangan, Andadapatmelakukantransaksiseperti:
1. Informasisaldo
2. Memeriksariwayattransaksi
3. KirimBillpayment
4. Ubah PIN smsBRISataumobileBRIS
JikaAndaadalahpenggunaterdaftarkeuangan, Andadapatmelakukantransaksi non-keuangandantransaksikeuanganseperti:
1. Transfer dana rekeningantar bank
2. Reload Telco dan PLN Prabayar
3. Pembayaran Telco, Telkom dan PLN
Untukmenjadipenggunatransaksikeuangan, AndabisasilakandatangkecabangBRISyariahdanmengaktifkantransaksikeuangan.
SetelahpastikanAndaadalahpenggunaterdaftarsmsBRIS, AndadapatmendownloadaplikasimobileBRISterbaru yang tersedia di Android Market secara gratis.
2. Mobile Banking MandiriSyariah
BSM Mobile Banking adalahsalahsatusalurandistribusi yang dimilikioleh BSM untukmengaksesrekening yang dimilikinasabahdenganmenggunakanteknologi GPRS/EDGE/3G/BIS dan WIFI melalui smartphone.
Fitur:
• Transfer antarrekening di BSM.
• Transfer real time kerekening di bank anggota ATM Bersamadan Prima.
• Transfer uangtunai (transfer kebukanpemegangrekening).
• Pembelianpulsaselulerdan token listrik.
• Pembayarantagihan (telepon, listrik, dll), zakat, asuransi, tiketpesawatdanlainnya.
• Informasikantor&lokasi ATM.
• Informasiprodukdan promo.
• Informasisaldo, mutasi.
• Jadwalsholatdankalimatinspiratif.
• Menu akseslangsung Call BSM 14040.
• Menu favorit (penyimpan data transaksi transfer, pembayarandanpembelian)
• Share aktivitaske social media.
• Notifikasidetiltransaksike email yang didaftarkan
Registrasi:
1. Proses Pendaftaran/Registrasi
a. NasabahdatangkeCabangterdekat.
b. Mengajukanpermintaanfasilitaslayanan BSM Mobile Banking danmengisi data padaaplikasi BSM Mobile Banking.
c. Menerimakertas Mailer yang berisikodeaktivasi.
d. Menandatanganilembartandaterimakertas Mailer yang berisikanKodeAktivasi.
2. Proses Download
Aplikasi BSM Mobile Banking dapatdidownloadmelalui:
a. Untukponseldengan OS BB, BB 10, Android, IOS
Blackberry App World, Google Play Store, App Store dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’
b. Untukponsel Blackberry dengan OS sebelum BB 10:
1) http://mobile.syariahmandiri.co.id , atau
2) Blackberry App World dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’.
c. Untukponsel Nokia, Sony Ericson atauponseldengan platform Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id
Pastikanaplikasi BSM Mobile Banking offered by / publisher / by PT Bank SyariahMandiri
3. Proses Aktivasi
Nasabahmenginput no rekening, no HP dankodeaktivasi yang didapatdaricabangpadasaatpendaftaran/registrasi.
Setelah proses aktivasiberhasil, Nasabahdapatmasukke menu utamadanmenikmatisemuafitur BSM Mobile Banking.
PIN ATM Nasabahdiperlukandalammengakses BSM Mobile Banking. PIN ATM Nasabahdigunakanuntukmengesahkantransaksi
Apabilaterjadi 3 (tiga) kali kesalahandalammemasukkan PIN di ATM danatau di BSM Mobile Banking, maka BSM Card dan BSM Mobile Banking akanterblokir.
II. AnalisisTugas
Mobile Banking adalahlayananperbankan yang memanfaatkanfasilitas smartphone. Dewasakini, pengguna smartphone merupakanmayoritas di Indonesia. Dengankemajuanteknologidalambidang smartphone, aktifitasperbankandimungkinkanbekerjahanyadenganmenggunakansmartphone. Tugasdari mobile banking adalahmempermudahaktifitasperbankannasabah. Aktifitasperbankannasabah yang dapatdilakukanlayanan mobile banking adalahaktifitas yang konvensional, yaitu :
1. Aktifitas Non Finansial : Informasirekening (saldo, riwayattransaksi, pergantian pin, dll)
2. AktifitasFinansial : Transfer, pembayaran (kartukredit, pln, pam, pendidikan, dll), pembelian (tagihanselular, pulsa, tiket, dll).
Dari tugas yang dilaksanakanoleh mobile banking, makadiperolehkeuntungandiantaranya :
a. Nasabahbisamelakukanaktifitasperbankantanpaperlumengunjungi ATM atau Bank.
b. PembayaranTagihan, Kredit, Pendidikan, dan lain-lain dapatdilakukandimanasaja.
c. Mereduksiusahadanbiayauntukmelakukanaktifitasperbankan.
d. Transaksi (Finansialdan Non-Finansial) dapatdilakukandimanasaja.
Disampingkeuntungan yang diberikan, mobile banking juga memilikikekurangan, diantaranya:
· Kompatibelitas smartphone terbatas.
· Bergantungpadakonektifitas smartphone baikberupasinyal internet maupunsinyalkomunikasi (telpondansms).
· Terdapat bank-bank tertentu yang tidakmenyediakanlayanan mobile banking.
I. Interface
- Mobile Banking BRI Syariah
Setelah login, user akandisajikantampilan menu utama yang dapatdiaksessesuaidengankebutuhannya. Menu utamaterdiridariInformasiRekening, Transfer, Pembayaran, Pengaturan, danlainnya.
Di Dalam menu pembayaran terdiri dari pembayaran untuk
listrik, internet, telepon, tv berbayar dan lainnya. Dan pada pengaturan
aplikasi terdapat pengaturan konektivitas aplikasi tersebut.
Selain pengaturan, terdapat juga Pengaturan/Ubah pin, Apabila user
inginmengganti pin lamanya. Dan Extra Menu untukkontenkhusus yang adapada BRI
Syariah.
Syariahsendiriberasaldari agama Islam, dan BRI
SyariahmenambahkanfiturJadwalsholatdan Islamic LifeStyleuntukmembantu user
terutama yang beragama Islam.
- Mobile Banking MandiriSyariah
Samasepertiaplikasi mobile banking yang lain, padasaat user menghidupkanaplikasi, aplikasiakanmemunculkantampilan menu login, yaitu menu yang digunakanoleh user untukmengaksesberbagaifitur yang ada.
Setelah login, user akandisajikantampilan menu utama yang dapatdiaksessesuaidengankebutuhannya. Samasperti BRI Syariah.
tampilanpada
Mobile Banking mandiriSyariahberwarnaHijaudanemas yang menggambarkankeSyariahannya. Mobile Banking
inidibuatsemudahmungkin di mengertiolehpengguna. Tidakterlalurumitdanpenuhdengangambar,
namunmemilikiwarnadangambar yang mencirikan Bank Syariahpadaumumnya
I.
Design Tampilan
a.
Mobile Banking BRI Syariah
Padasaataplikasi Mobile Banking diakses, maka
yang pertama user lakukanadalah login. Ketika user berhasil login, maka user
akanmelihattampilan menu padaaplikasitersebut. Pada BRI Syariah yang
digunakanadalahwarnabirudanhijau.
WarnahijausendiribiasanyadilambangkansebagaiSyariahatautampilankhususuntuk
bank-bank yang menggunakansyariahislam.
Warnabirusendirimelambangkankesejahteraan
yang dapatmembuat user tertarikdantidakjenuhpadatampilanaplikasiini.
Menggunakan background birulangitdenganpola-polaabstrak yang
menambahkannilaiestetikanya.
a.
Mobile Banking MandiriSyariah
Sama seperti bank syariahlainnya, Padasaataplikasi Mobile Banking diakses, maka yang pertama user lakukanadalah login. Ketika user berhasil login, maka user akanmelihattampilan menu utama. Bank MandiriSyariahmemilikitampilan menu utama yang tidakjauhberbedadengan bank syariahlainnya. Bank syariah yang identikmenggunakanwarnahijausebagaicolor palettenya. Background yang digunakan bank MandiriSyariahiniadalahwarnaemas yang melambangkankekayaandanuang ,sertawarnahijausebagai button pada menu utamanya.
Pada menu bar yang adadibagianbawah, diberi icon yang menandakan menu yang berbedaketika user menekannya.
I.
Design Dialog
Command Language yang digunakan
pada mobileBRIS dan BSM Mobile cukup sedikit. Pengetikan diperlukan hanya untuk
proses-proses yang memerlukan data, seperti user ID, PIN, nominal transfer, dan
sebagainya. Selebihnya memerlukan sentuhan (Tap) pada ikon saja, tidak
memerlukan pengetikan. WIMP (Windows, Icon, Menu, dan Pointer), pada tampilan
windows atau jendela memakai seluruh luas dari layar, dengan border pada bagian
atas yang berfungsi untuk pemberi tahu menu dan sub menu yang sedang
dibuka. Ikon yang tidak terlalu besar dan mewakili setiap menu/submenu
memudahkan user dalam menggunakan aplikasi tersebut. Setiap ikon menggambarkan
setiap fungsinya, dan warna yang sama pada masing masing menu dan sub menu.
Disebelah ikon terdapat nama menu tersebut. Ukuran frame pada menu tersebut
tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk memudahkan pada saat
menyentuh/tap pada smartphone.
PadaBSM Mobile terdapat 2 pilihanbahasa yang dapatdigunakan, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun bahasa yang muncul padasaatpertama kali menginstallaplikasiadalahBahasa Indonesia.
PadaBSM Mobile terdapat 2 pilihanbahasa yang dapatdigunakan, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun bahasa yang muncul padasaatpertama kali menginstallaplikasiadalahBahasa Indonesia.
I. Penanganan Kesalahan & Help-Dokumentasi
Pada BSM Mobile Banking
Penanganan kesalahan pada BSM Mobile dapat langsung menghubungi Call Center yang tersedia pada menu utama, ketika user klik pada button Contact BSM maka secara otomatis sistem akan menghubungkan user pada Call Center dan ini dikenakan biaya pemanggilan / pulsa.
Pada BSM Mobile dalam hal Help Dokumentasi terdapat 2 menu , yaitu Lokasi kantor cabang & ATM, dan Info Produk. Pada lokasi kantor cabang&ATM selain menampilkan alamat user juga bisa mengakses via Maps, sehingga dapat memudahkan user untuk menemukan tempatnya jika tidak tahu alamat yang tercantum.
Pada Mobile BRIS
Pada Mobile BRIS tidakterdapat menu
untukpenangananmasalah. Yang adahanya menu untukmenghubungi call center BRIS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar